Sabtu, 29 September 2012

Sejarah Komunikasi, Komputer, Teknologi Informasi & Internet
menurut sumbernya 3500 - 2900 SM: Abjad diciptakan oleh orang-orang Funisia, sementara orang-orang Sumeria menciptakan sistem tulis-menulis dengan lambang-lambang (atau gambar-gambar, yang biasa disebut 'piktograf'), yang mereka torehkan pada permukaan lempengan tanah liat yang dikeringkan. Sedangkan orang-orang Mesir menemukan tulisan hieroglif.

1775 SM: Orang-orang Yunani memperkenalkan sistem tulis-menulis dari kiri ke kanan, dengan memakai abjad fonetik (huruf-huruf yang diciptakan berdasarkan bunyi ucapan, dan bukan lambang-lambang yang diciptakan sebagai 'wakil' suatu ide atau benda seperti abjad-abjad sebelumnya).

1400 SM: Orang-orang China mulai menuliskan sejarah mereka secara teratur, di atas kepingan-kepingan tulang binatang.

1270 SM: Ensiklopedi pertama di dunia 'diterbitkan', oleh orang-orang Suriah.

900 SM: Sistem pelayanan pos dan kantor pos pertama di dunia diciptakan oleh orang-orang China.

776 SM: Penggunaan merpati pos dipopulerkan oleh orang-orang Yunani.

530 SM: Perpustakaan pertama di dunia didirikan di Yunani.

500 - 170 SM: Alat tulis pertama di dunia yang mudah dibawa ke mana-mana diciptakan di Mesir, yakni papirus yang menyerupai kertas.

200 - 100 SM: Mesir dan Cina mengembangkan sistem pengiriman pesan berantai, dan dengan demikian memulai sejarah pelayanan jasa kurir.

105 SM: Tsai Lun, orang China, menciptakan kertas.

14 Masehi: Orang-orang Romawi meresmikan sistem pelayanan pos mereka.

37 : Kaisar Tiberius dari Roma adalah orang pertama yang tercatat menggunakan cermin sebagai alat pengiriman kode atau pesan. Cara ini dinamakan 'heliograf'.

100 : Buku-buku pertama di dunia diciptakan (dalam arti bentuknya mirip dengan buku zaman sekarang).

305 : Alat cetak pertama di dunia diciptakan di China, terdiri atas lempengan kayu berukir yang kemudian dipakai untuk menerakan isinya ke atas kertas.

1049: Pi Sheng, orang China, menciptakan alat cetak yang bisa dipindah-pindahkan huruf-hurufnya, dengan memakai lempengan tanah liat bakar.

1450: Koran pertama di dunia mulai beredar di Eropa, tapi belum bisa terbit secara harian.

1455: Johannes Gutenberg, orang Jerman, menciptakan alat cetak yang huruf-hurufnya bisa dipindah-pindahkan, dari lempengan logam.

1560: Kamera dan foto pertama di dunia diciptakan. Kamera ini biasa disebut 'Camera Obscura', artinya 'pembuat foto yang kabur'.

1650: Suratkabar harian pertama di dunia mulai beredar, di Leipzig, Jerman.

1714: Henry Mill, orang Inggris, menciptakan mesin ketik. Sebetulnya dia bukan orang pertama yang menciptakannya, tetapi dialah yang memperoleh hak paten dan diakui sebagai pencipta mesin ketik modern.

1793: Claude Chappe menciptakan jalur telegraf optik jarak jauh.

1814: Joseph Nicéphore Niépce berhasil mengambil foto yang jelas dan terang.

1821: Mikropon (pengeras suara) pertama di dunia diciptakan, oleh Charles Wheatstone, di Amerika.

1831: Joseph Henry menciptakan jalur telegraf listrik pertama di dunia.

1835: Samuel Morse menciptakan kode-kode Morse untuk pengiriman pesan jarak jauh.

1843: Samuel Morse (lagi) menciptakan jalur telegraf listrik jarak jauh, sementara Alexander Bain menciptakan mesin faksimili pertama di dunia.

1861: Coleman Sellers, orang Amerika, menciptakan alat bernama 'Kinematoskop', yang berfungsi sebagai mesin pemutar slide pertama di dunia (slide adalah istilah bahasa Inggris untuk foto-foto yang dipantulkan ke sebuah layar, secara sambung-menyambung).

1867: Mesin ketik komersial pertama di dunia laris terjual di Amerika, bermerek 'Sholes'.

1876: Thomas Edison menemukan mesin fotokopi pertama di dunia, yang biasa disebut 'mimeograf'. Pada tahun yang sama, Alexander Graham Bell menciptakan telepon pertama di dunia. Sedangkan Melvyl Dewey menciptakan sistem pencatatan katalog buku untuk perpustakaan, yang kemudian digunakan di seluruh dunia, bernama Sistem Desimal Dewey.

1877: Thomas Edison menciptakan 'fonograf', yakni alat rekam suara pertama di dunia. Sedangkan Edward Muybridge menciptakan alat potret berkecepatan tinggi, yang menghasilkan film pertama di dunia.

1887: Emile Berliner menciptakan piringan hitam pertama di dunia, yang dinamakan 'gramafon'.

1888: George Eastman, orang Amerika, menciptakan gulungan film untuk memotret yang pertama, bernama 'Kodak'.

1889: Almon Strowger menciptakan telepon yang bisa langsung diputar nomor-nomornya, tidak lagi harus melalui operator.

1894: Guglielmo Marconi menyempurnakan sistem telegraf.

1898: Mesin penjawab telepon pertama di dunia diciptakan di Amerika.

1899: Valdemar Poulsen menciptakan pita rekam magnetik, dengan demikian juga kaset pertama di dunia. Sementara itu, tahun ini juga pengeras suara (loudspeaker) pertama di dunia diciptakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar